Minggu, 13 September 2015

Kenali Sensasi Aneh Saat Tidur Dan Cara Mengatasinya

Menurut para ahli Tidur adalah suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya (Guyton & Hall, 1997). Sedangkan Menurut Potter & Perry (2005), Tidur merupakan proses fisiologis yang bersiklus bergantian dengan periode yang lebih lama dari keterjagaan. Secara sederhana tidur dapat diartikan suatu keadaan atau kondisi istirahat alami yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Namun, pernahkah anda merasakan sebuah sensai atau perasaan aneh saat tertidur? Terkadang sensasi tersebut dirasakan dialam bawah sadar anda. 

Berikut ini adalah enam sensasi aneh yang dapat terjadi pada manusia saat mereka tertidur.
  • Mengalami Paralysed: Paralysed adalah keadaan dimana Anda merasa dalam keadaan sadar, mata terpejam, namun Anda tidak bisa menggerakkan anggota tubuh. Seperti ada yang menghalangi Anda bergerak. Sebagian orang meyakini atau menyebutnya "ketindihan setan". Paralysed pernah secara detail dibahas di artikel yang berjudul “Penjelasan Dan Tips Mengatasi Fenomena Aneh Tidur Seperti Di Tindih Makhluk Halus
    kenali sensasi aneh saat tidur dan cara mengatasinya
Paralysed dapat dirasakan oleh siapa saja dan usia berapa saja, kondisi ini adalah suatu kondisi tidur yang umum terjadi. Untuk mengatasi sindrom paralysed adalah dengan mengurangi stres, tidur dan istirahat yang cukup. Dianjurkan untuk berwudhu dan berdoa sebelum tidur. Effect air wudhu dan lantunan doa akan membuat anda lebih rilexs dan siap untuk tidur. 
  • Merasakan Head Syndrome: Head syndrome adalah dimana Anda merasa mendengar pukulan, hetankan kaki, teriakan, atau ketukan pintu yang keras dalam tidur Anda. Biasanya terjadi sebelum Anda belum benar-benar tidur pulas. Hal tersebut disebabkan oleh ritme tubuh yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat diatasi dengan istirahat yang cukup.
  • Mengalami mimpi buruk: mengalami mimpi buruk bukan hanya terjadiom pada oreang dewasa saja, namun Mimpi burukpun sering terjadi pada anak-anak. Perubahan dalam tubuh dan jiwa anak pada usia pertumbuhan biasanya terbawa ke alam tidur. TerKadang mereka menangis, ketakutan, teriak, bahkan sedih saat mereka tertidur. Dan biasanya hal tersebut terbawa pula saat mereka bangun dari tidur. Mereka menjadi bad mood dengan orang dan keadaan sekitar. Hal ini akan hilang dengan sendirinya
  • Mengadukan gigi hingga bersuara atau Kertak gigi : Sebagian orang pernah mengalami hal ini, sebagian orang bahkan menyebutnya suatu kebiasaan saat tertidur. Atau kertak gigi merupakan kebiasaan yang diturunkan dari generasi sebelumnya. Membunyikan gigi atau kertakan gigi saat tertidur bisa disebabkan karena stres, dan ketidaknyamanan, sehingga tubuh cenderung tidak tenang saat tidur. Untuk merasa rileks saat tertidur sebaiknya bebaskan pikiran anda, jangan berpikir yang hal yang berat. Minum air hangat atau dengarkan music klasik dengan volume yang rendah. 
  • Berbicara atau Berjalan Saat Tidur: Kebiasaan ini memang agak aneh. Kondisi ini Lebih dari sekedar paralysed, prilaku ini terjadi dialam bawah sadar. Biasanya orang yang mengalami hal ini akan berbicara, jalan kaki, loncat, memukul, dan lain sebagainya. Hal ini memang tidak membahayakan, namun  pastikan semua pintu terkunci tanpa kunci yang tergantung di pintu. 
  • Mimpi Basah atau Emisi Noktural: Mimpi basah adalah pengeluaran cairan semen di saat tidur yang hanya dialami oleh laki-laki. Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki sebagai tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini dapat terjadi tanpa disertai ereksi atau ejakulasi. Semakin bertambahnya umur maka mimpi basah ini semakin jarang dialami. Mimpi basah tergantung dari respons fisik orang yang mengalami mimpi tersebut.

Kenali Sensasi Aneh Saat Tidur Dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar