Kamis, 10 September 2015

Empat Jenis Makanan Ini Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh, Jika Anda Salah Mengolahnya

Tidak semua jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat menyehatkan tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang jika salah dalam mengolahnya akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Dan jika makanan yang berbahaya tersebut terus anda konsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka organ tubuh anda secara perlahan akan mengalami kerusakan, terkena kanker bahkan bisa menyebabkan kematian. Sangat disayangkan tidak semua orang mengetahui informasi ini, masih banyak orang terutama para ibu mengolah makanan ini dengan cara yang kurang tepat. Sahabat Rumah salam, berikut ini ada 4 cara pengolahan makanan yang harus anda hindari.

empat jenis makanan ini bisa menjadi racun bagi tubuh, jika anda salah mengolahnya
  1. Menyeduh Teh Lebih Dari 3 Menit. Anda termasuk penyuka minuman teh? Saya dan mungkin anda termasuk orang yang sering mengkonsumsi teh. Selain menyegarkan minuman yang satu ini memang memilki wangi yang khas meskipun kita tahu teh mengandung kafein yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membahayakan kesehatan. Menyeduh minuman ini memang paling baik 1-3 kali, itu pun juga tergantung jenis tehnya. Dari daun teh maupun kantong teh yang diseduh, sebaiknya menggunakan air yang suhunya di bawah 100 derajat celcius. Lamanya menyeduh juga hanya 2-3 menit saja. Menyeduh hingga warnanya pekat atau terlalu lama, hanya akan mengeluarkan kafein berlebihan. Dalam beberapa kasus medis, beberapa orang tidak toleran dengan kandungan kafein yang terlalu tinggi, karena bisa menyebabkan jantung berdebar, gangguan pencernaan dan sebagainya.
  2. Memanaskan Bayam. Sayur bayam adalah salah satu jenis sayuran yang murah dan disukai banyak orang. Bayam sangat kaya akan vitamin, mineral dan zat besi, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh. Kebanyakan orang mengonsumsi bayam dalam bentuk sayur. Akan tetapi, sayur bayam bukanlah sayur yang bisa dipanaskan kembali setelah dimasak. Bila sayur bayam dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi asam nitrat yang berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan inflamasi. Zat ini juga bisa berubah menjadi karsinogen yang memicu penyakit kanker.
  3. Makan Mie Instant Dengan Kuahnya. Anda suka mie instan? Mengkonsumsi mie instan dianjurkan tidak terlalu sering. Karena mie instan termasuk makanan yang tidak mudah dicerna. sudah banyak penelitian yang menjelaskan tentang aturan makan mie instant dan efeknya pada tubuh. Makan mie kuah dengan menggunakan air rebusannya memang kerap kali terasa enak dan pekat. Sayangnya, kalau Anda melakukan ini, Anda akan memasukkan kandungan pengawet bawaan mie ke dalam tubuh. Ini tidak hanya tentang lilin yang mungkin ada atau tidak, melainkan juga kandungan pewarna dan pati yang ada di dalamnya. Jadi, lebih baik membuat air mendidih yang baru sebagai kuah daripada menggunakan air bekas rebusan mienya.
  4. Makan Kentang Yang Kehijauan. Meskipun kentang kaya akan karbohidrat dan vitamin, mengkonsumsi kentang juga bisa berbahaya. ada beberapa jenis kentang yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh manusia. Kentang yang sudah mengandung warna hijau atau yang sudah tumbuh tunas, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Kentang kehijauan ini mengandung solanin. solanin adalah golongan alkaloid jahat yang bisa menjadi senyawa racun bila dikonsumsi. Efeknya antara lain adalah diare, pusing, mual dan gejala keracunan lainnya. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan memotong bagian yang kehijauan. Namun lebih amannya, pilih kentang yang tidak ada warna kehijauan di dalamnya.
Hal ini bagi sebagian orang mungkin remeh, namun menurut saya ini penting, karena makanan adalah hal utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Naha sahabat.. mulai sekarang, rajinlah dalam mencari informasi tentang apapun termasuk cara pengolahan makanan yang baik. Mengoalh makanan dan mengkonsumsi makanan dengan cara yang tepat dapat  mencegah Anda dari hal yang membahayakan kesehatan.

Empat Jenis Makanan Ini Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh, Jika Anda Salah Mengolahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar